Minggu, 01 Maret 2015

Tips Menghilangkan Bekas Jerawat

membersihkan muka
Menghilangkan bekas jerawat itu tidaklah sesulit yang dibayangkan. Juga tidak perlu uang banyak. Banyak tanaman di sekitar kita yang sangat berkhasiat untuk menghilangkan bintik-bintik di kulit wajah itu. Antara lain timun, tomat, lidah buaya, bawang merah dsb.

Berikut tanaman yang sangat manjur untuk menjadikan kulit muka mulus.


1. Apple Cider Vinegar atau yang biasa disebut cuka apel

Cuka sari apel sangat mujarab untuk menghilangkan bekas luka jerawat. Menurut OrganicFacts.com, cuka sari apel mengandung asam amino sebagai agen antiseptik dan antibiotik. Juga kandungan asam asetat yang bekerja sebagai agen antibakteri dan antijamur. 

Selain itu cuka sari apel juga mengandung sifat zat dan antijamur yang mampu mengeluarkan racun dari kulit, menenangkan masalah kulit dan mengurangi bekas luka jerawat.

Cara pemakaiannya: cuci muka dengan sabun dan air. Oleskan cuka sari apel menggunakan kapas, langsung ke bekas luka Anda. Anda juga dapat minum sedikit cuka apel di pagi hari untuk meremajakan dan mencerahkan kulit Anda.

2. Jeruk nipis

Air jeruk nipis sangat membantu untuk mengangkat sel kulit mati serta meregenerasi sel-sel baru. 

Selain itu sifat pemutihan alami air jeruk nipis juga mengurangi visibilitas bekas luka dan membantu menjaga kekenyalan kulit.

Cara pemakaiannya: oleskan sari dari satu jeruk nipis segar langsung pada bekas luka jerawat. Biarkan hingga kering selama 30 menit, lalu cuci dengan air hangat. Ulangi dua kali sehari selama dua sampai tiga minggu.


3. Bawang Merah

Bumbu dapur yang sangat mudah didapat ini juga bisa di coba untuk menghapus bekas jerawat pada wajah. 

Caranya mudah sekali, parut 1 buah bawang merah kemudian dioleskan ke tempat bekas jerawat.

4. Timun dan tomat 

Selain untuk jerawat, timun dan tomat juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo. 

Caranya potong bundar kemudian tempelkan timun ke bekas jerawat (siang hari atau pagi).  Khusus untuk tomat, gunakan pada malam hari dengan cara yang sama.
 

5. Lidah buaya

Lidah buaya, sebuah tanaman sukulen, tidak hanya memiliki sifat antibakteri dan antijamur, tetapi mempercepat penyembuhan.

Menurut GrannyMed.com, Anti-inflamasinya mampu meredakan kemerahan yang berkaitan dengan bekas jerawat. Selain itu, lidah buaya mengandung gel emolien yang melembutkan dan melembabkan jaringan parut.

Cara pakai: potong daun dari tanaman lidah buaya, lalu iris daun memanjang. Sendoklah gel di dalamnya dan terapkan pada bekas jerawat Anda.

6. Menghilangkan bekas jerawat dengan Menggunakan bekas teh / Teh basi

Bekas teh disini maksudnya adalah teh bekas/sisa teh yang bisa kita ambil ketika kita membuat teh panas. cara menggunakannya cukup usapkan pada bagian bekas jerawat.

7. Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa kita gunakan untuk melembutkan kulit. dan jika digunakan secara teratur, minyak zaitun bisa juga untuk mengurangi tonjolan bekas jerawat.

Sebenarnya ada juga bahan lain selain tanaman yang cukup berkhasiat menghilangkan bekas jerawat. Antara lain telor dan madu. Berikut keterangannya:

- Menghilangkan bekas jerawat dengan Madu

Madu alami atau madu asli bisa juga kita gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. caranya juga sangat mudah, ambil madu asli secukupnya kemudian oleskan pada bagian bekas jerawat sambil di pijat kecil. Diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air hangat.

- Putih Telur dan madu

Menghilangkan bekas jerawat bisa juga menggunakan putih telur. Caranya ambil putih telur lalu campur dengan madu, diaduk hingga bercampur. Oleskan campuran tadi pada bagian bekas jerawat yang ingin di hilangkan.
Demikianlah cara menghilangkan bekas jerawat. Cukup mudah, bukan? Silahkan dipraktikan, semoga kulit halus mulus yang Anda idamkan cepat terwujud.


0 komentar:

Posting Komentar